Selasa, 22 Mei 2012

Cara Membuat Hosting Webiste Sendiri dan Kebutuhan Perangkat Baik Software maupun Hadware







Apa yang dimaksud dengan Web Hosting :


Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa ( Sumber Wikipedia )



Persiapan Untuk Membangun Webhosting :

Admin / Developer
Anda harus benar-benar sudah paham dan mampu mengelola server anda diantanya yang perlu anda kuasai adalah : Sitem Jaringan, Mahir dan menguasai sistem operasi yang dijalankan diserver, kebanyakan hosting di dunia menggunakan UNIX/Linux sebagai sistem Operasinya karena lebih stabil dan aman, anda harus menguasai linux terutama Firewalnya, selain itu anda juga harus menguasai bahasa pemrograman yang berjalan diserver seperti, PHP, MSQL, ASP, PERL dll.


Kebutuhan Software

Beberapa software dasar yang harus dimiliki untuk membuat server hosting (recommended):


Operating System Server

- Linux, CentOS, FreeBSD, RedHat, Ubuntu ( Direcomendasikan )

- Windows 2003 Server, Windows 2008 Server ( kalau bisa gk usah biaya lisensinya mahal dan mudah terserang virus, Spyware dll)

NameServer – berfungsi untuk resolving IP ke Domain Name
- BIND 9

Web Kontorl Panel :
- Cpanel,
- Parallels Plesk Panel dll

Web Server

- Apache (gratis) – berfungsi sebagai Web Server berbasis Linux

- IIS versi 4.0, atau IIS versi 5.0 – berfungsi sebagai Web Servr berbasis Windows

PHP – berfungsi untuk website yang menggunakan bahasa pemograman PHP

Databases – berfungsi sebagai pusat penyimpanan data pada server atau Server Data Center

- MySQL – berfungsi sebagai Databases pada server berbasis Linux/Unix

- MSSQL – berfungsi sebagai Database pada Operating System server berbasis Windows

PHPMyAdmin – berfungsi untuk memudahkan add, edit, dan delete table pada MySQL

FTP Server – berfungsi untuk memudahkan transfer data ke website menggunakan FTP.

- ProFTPD

- Pure-FTPD

- vsFTPD
Mail Server – berfungsi untuk mengelola email pada server.

- QMail

- Postfix

- Squirrelmail

- RoundCube



Hadware Untuk Server :


Server : adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

Untuk menjalankan situs web secara “REAL” , Anda akan harus membeli beberapa hardware server yang kuat. Jangan berharap bahwa PC murah akan melakukan pekerjaan ini. Anda juga akan memerlukan 24 jam koneksi berkecepatan tinggi.

Komputer server yang perlu anda persiapkan antara lain : Server Supermicro, IBM, HP, ataupun Server Rakitan, Pilih aja salah satu, itu terserah anda, tapi semakin tinggi specknya semakin bagus hasilnya, Pokoknya Jangan PC intel Pentium, AMD atau intel core2an.



ISP ( Internet Service Provider)

Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.


Persiapan Internet

- Gunakan ISP yang murah dan berkulitas

- Upload dan Download 1 : 1

- IP Public minimal 2 buah.

- Jangan Gunakan Paket Speedy

- Pastikan ISP menawarkan dukungan 24-jam

- Jika bisa pakai Internet dengan kabel FO ( Fiber Optic )







RAPANI-ID.COM 

Web Design & Programing, Jasa Pembuatan Website murah Di Bukittinggi - Sumbar , Jasa Pembutan Toko Online, Service VPS & Hosting Server, Setting & Instalasi Proxy Server, Instalasi Jaringan & Mikrotik Router, Service & Instalasi Komputer, Laptop 

Klik disini Info lebih lengkap





Bagi Yang Butuh Konfigurasi Squid/ Lusca Head Proxy  + Mikrotik , Yang lebih Bagus untuk Warnet/ Kantor , Game Online dll terutama untuk wilayah Bukittinggi dan Sumbar Silahkan Hubungi :

Ahmad Rapani 

HP : 082170824476 

YM : rapani_loebis

Email : rapani_loebis@yahoo.com 

FB : Rapani Loebis  (  http://www.facebook.com/rapani.loebis )

Website : www.rapani-id.com










Pencarian anda :
cara membuat webhosting, cara membuat hosting, cara mudah membuat hosting, cara membuat hosting sendiri,cara membuat webserver, cara membuat website, cara membuat email, speck untuk server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar